Pepatah Bijak, Tentang Dampak Buruk dari Kemarahan dan Kekuatan dari Bertindak

Kata kata bijak, Kata kata mutiara, kata kata bijak confucius, Kisah sukses

Motivasi Dosis Tinggi - Konfusius telah mengingatkan "Orang yang marah, hatinya penuh dengan racun". Ya, emosi yang berlebihan tentu akan menciptakan kabut pada mata hati Anda. Kita tentu mengingat bagimana karena amarah yang diakibatkan penghinaan, Misalnya, perang antar etnis yang sering terjadi di tanah air. Buah dari kemarahan karena penghinaan yang diklaim oleh masing-masing etnis tentu saja tidak sebanding dengan kerugian yang di akibatkan oleh perang tersebut.

Peristiwa ini mengajarkan kepada kita bahwa amarah karena penghinaan pasti akan mengakibatkan dampak yang lebih parah dari "penghinaan" yang terjadi. Kemarahan adalah air keras yang akan lebih merusak bejana tempat penyimpanannya daripada benda-benda yang disiram dengannya.(Mahatma Gandhi).
_______________________________________________________________________________


"PERJALANAN SERIBU MIL DI MULAI DENGAN SATU LANGKAH"

Dalam kehidupan kita, kita cenderung selalu memiliki mimpi di masa depan atau mengkhawatirkan masa depan kita sendiri. Terkadang pikiran kita cenderung melihat seribu mil perjalanan yang kita bayangkan di depan daripada melihat satu langkah yang mengawalinya.

Dalam musim semi tahun 1871, ada seorang pemuda membaca serangkaian kata yang jumlahnya dua puluh satu kata. Kata-kata tersebut mempunyai pengaruh besar dan mendalam bagi masa depanya kelak. Pemuda itu merupakan seorang mahawiswa kedokteran di Montreal General Hospital. Ia kerap merasa sedih dan khawatir tidak bisa lulus ujian atau apa yang harus dilakukan jika dia kelak berhasil menjadi dokter yang sukses.

Dua puluh satu kata yang dibacanya pada tahun 1871 tersebut menolongnya hingga menjadi dokter tersukses dalam generasinya. Ia mengorganisasikan sekolah kedokteran yang terkenal di dunia dengan nama "Jhons Hopkins School of Medicine" di Oxford. Pangkat ini adalah pangkat tertinggi yang dianugerahkan oleh kerajaan Inggris. Namanya Sir William Osler. Dua puluh satu kata yang dibacanya tersebut adalah kata-kata dari Thomas Carlyle yang menolong dia mengarahkan hidupnya menuju hidup yang bebas dari kesedihan hati dan rasa khawatir berlebihan. Kata kata tersebut berbunyi:

"Our main business is not to see what lies dimly at a distance, but to do what lies clearly at hand" (Tindakan utama yang harus kita kerjakan bukanlah melihat apa yang terletak samar-samar dikejauhan sana, melainkan melaksanakan apa yang kelihatan dengan jelas di depan mata).

Terkadang kita lupa sebuah perjalanan seribu mil yang samar-samar di masa mendatang dimulai dengan satu langkah yang terlihat jelas di depan mata kita saat ini.

1 Response to "Pepatah Bijak, Tentang Dampak Buruk dari Kemarahan dan Kekuatan dari Bertindak"