Kata-kata Bijak: Hendaknya Selalu Meninggalkan Sedikit Ruang Untuk Kesalahan

Kata kata bijak, kata kata bijak, kata kata bijak, kata kata motivasi, kata kata motivasi, kata kata motivasi, kata kata mutiara, kata kata mutiara, kata kata mutiara, kata kata bijak, motivasi dosis tinggi, motivasi dosis tinggi, motivasi dosis tinggi.

Motivasi Dosis Tinggi - Kata-kata bijak: Hendaknya Selalu Meninggalkan Sedikit Ruang Untuk Kesalahan - Dalam sejarah Amerika, barangkali tidak ada orang yang pernah dicela, dibenci, dan difitnah seperti Lincoln. Meskipun begitu, menurut biografi klasik yang ditulis oleh Herndon, "Lincoln tidak pernah menilai orang berdasarkan perasaan senang atau tidak senang. Kalau ada undang-undang harus di jalankan, ia berpendapat bahwa hal tersebut harus diterapkan sama, baik musuh-musuhnya maupun bagi teman-temannya. Jika ada yang memfitnah atau berbuat jahat terhadap dirinya, tapi orang itu cocok untuk jabatan tertentu, maka oleh Lincoln orang itu segera di angkat untuk menduduki jabatan tersebut. Saya kira ia tidak pernah menggeser atau memecat orang karena orang tersebut merupakan musuhnya atau karena ia tidak senang padanya".

Lincoln berkeyakinan bahwa "Orang tidak perlu dipuji karena perbuatannya dan tak perlu di cela karena perbuatannya atau karena hal-hal yang tidak di kerjakannya, sebab kita adalah anak dari suatu keadaan, kondisi, lingkungan, pendidikan, norma, serta warisan dari berbagai unsur sosial yang tak luput dari kesalahan".

Kutipan di atas memberikan gambaran kepada kita untuk selalu meninggalkan sedikit ruang bagi kesalahan. Kita tidak perlu berpikir terlalu dalam untuk memuji atau mencela seseorang karena seluruh manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Jadi, memang betul, yang diajarkan oleh nenek moyang kita bahwa "Tak ada gading yang tak retak", untuk itu, ciptakanlah sedikit ruang bagi kesalahan.

0 Response to "Kata-kata Bijak: Hendaknya Selalu Meninggalkan Sedikit Ruang Untuk Kesalahan"

Post a Comment